Sobat pernah mengalami sakit liver (hepatitis)? Pernah lihat orang sakit liver? Bagi saya Sakit liver menjadi ancaman yang sangat menakutkan dan bisa menyerang siapa saja tidak mengenal usia. Penyebab utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat. Sering begadang, makan tidak tepat waktu, suka makan makanan yang kadar minyaknya berlebih, itu semua menjadi penyebab yang sering dialamai orang termasuk saya. Dan seperti janji saya sebelumnya, pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi pengalaman pribadi sakit liver dan proses penyembuhannya.
Sumber : Google
 Dan apa yang akan saya share ini adalah pengalaman pribadi yang tidak akan pernah terlupakan dan menjadi awal baru bagi saya untuk hidup sehat. Penyebab sakit liver adalah karena pola hidup yang kurang sehat serta tertularnya virus dari luar yang menyerang fungsi organ hati kita. Tanda-tanda awal yang saya rasakan diantaranya adalah sakit mag. Perkiraan saya waktu itu sakit mag biasa dan dapat diobati dengan obat warung, tapi yang saya alami  malah sakit mag yang berkepanjangan. Perut yang sangat perih dan setiap makanan ataupun air minum selalu dimuntahkan, dan hal ini saya alami tiap harinya. Kemudian saya memutuskan untuk pergi ke klinik kesehatan dan minum obat yang diberikan. Selama seminggu hal-hal yang saya alami diantaranya:
- Perut sakit dan perih seperti sakit mag
- Setiap makanan atau minuman yang masuk akan dimuntahkan
- Kondisi fisik mulai menurun dan gampang lelah
- Dan akhirnya mata saya mulai menguning
Sakit liver saya mulai parah bertepatan hari Raya Idul Adha, dan saya makan sate kambing lumayan banyak. Malam harinya pun saya tepar. Hari ke-7 saya cek kesehatan saya ke rumah sakit. Saya ceritakan semua hal yang saya alami dan cek darah. Dan hasilnya saya positif sakit Liver dengan SGOT 59, SGPT 93, Trombosit 493.000/ul, dirawatlah sehari di RS dan selebihnya rawat jalan. Selama seminggu meminum obat kimia dr rumah sakit, semakin banyak tanda-tanda yang saya alami dan semakin parah:
- mata semakin kuning
- memuntahkan makanan makin sering
- kulit mulai menguning
- mulai timbul rasa gatal yang amat sangat, dan gampang menimbulkan iritasi
- Badan sangat lemas dan cape
- berat badan turun drastis
- ulu hati mulai terasa sakit
- perut kembung
- Tinja keputih-putihan
Saya pun memutuskan berhenti konsumsi obat kimia dan niat untuk meminum obat-obatan tradisional dan obat dari china. Feeling saya waktu itu lebih yakin pada kedua obat-obatan ini ketimbang obat kimia. Selama proses penyembuhan, obat-obatan dan makanan yang saya makan diantaranya:
- Obat china Shu Gan Wan, 3x8 butir sehari
- Sari Pati Temulawak murni + Madu tiap hari
- Untuk asupan Glukosa saya meminum Glucolin dan Teh China Ching Kan Cha
- Buah Pepaya hampir tiap hari dan menjadi hobi hingga sekarang
- Bubur putih, sayur bening bayam jagung, telur rebus, tahu, ikan rebus, begitulah tiap harinya. 
Dan pantangan atau larangan sangat tidak boleh makan makanan yang berminyak, digoreng, bersantan, pedas. Hindari makanan yang berminyak selama masa penyembuhan!! jika kita bisa pantang Insyallah Allah akan memberikan kesembuhan pada kita. Yakin, Usaha dan selalu Berdo'a kepada Allah Swt.
Selama 30 hari hari saya mantang tidak mengkonsumsi makanan yang berminyak dan teman-temannya, dan mengkonsumsi makanan sehat serta obat tradisional temulawak juga obat herbal china.
Alhmadulillah bersyukur kepada Allah, saya diberikan kesembuhan oleh-Nya. Selama proses penyembuhan yang kita butuhkan adalah  kesabaran kita dalam menghadapi penyakit ini, pantangan yang banyak, dan proses penyembuhan yang sangat lama hingga berbulan-bulan. Untuk itu jika ingin sembuh lebih cepat ikuti pantangan dan mulai hidup yang teratur.  Banyak hikmah yang saya dpatkan setelah sembuh dari penyakit liver ini, sperti:
- Pola hidup jadi lebih sehat
- anti makanan yang memiliki kadar minyak tinggi
- begadang jadi jarang
- hobi makan pepaya
- hobi minum madu
- makin dekat kepada Allah
- skripsi kelar lebih cepat
- dan masih banyak yang lain yang tdk dapat disebutkan satu persatu hee

Demikianlah pengalaman saya menghadapi sakit liver ini, semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Terima kasih . ..


0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan komentarnya pada Blog ini. Thanks atas setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik Y dapat membangun blog ini agar lebih baik lagi kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar Y berbau unsur:
- Sara
- Pornografi
- No Spam !!! [Komentar menyertakan link aktif akan otomatis terdelete]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat,,
Salam Sukses dari AF Sahabat Artikel

 
Top