Contoh SIM. Sumber: Google
Cara Memperpanjang SIM A/C (Wilayah Kabupaten Bogor) Polres Cibinong. Baiklah pada kesempatan kali saya akan share gimana si caranya memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) A atau C ? (khusus wilayah Kabupaten Bogor). Sebenarnya memperpanjang SIM itu sangatlah mudah dan tidak sesulit yang kita bayangkan. Kita hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk datang ke Polres Cibinong (PEMDA Kabupaten Bogor) untuk mengurusnya. Jika tidak mempunyai waktu untuk pergi ke PEMDA, kita bisa menggunakan alternatif yang sudah disediakan Ditlantas sekitar yaitu melalui SIM Keliling. Ga bisa juga, minta tolong ajj sama keluarga heehee. Dan yang terpenting, hindari calo dan uruslah SIM kita dengan bijak. 
Sebelumnya mungkin sobat pernah mendengar berita yang beredar bahwa setiap pemilik SIM yang telat atau kadaluarsa walaupun hanya lewat sehari harus membuat SIM baru lagi. Fakta yang ada hingga tulisan ini dibuat, kebijakan ini belum dilaksanakan dan ada penundaan sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Dan untuk biaya SIM yang menurut kabar ada kenaikan pun belum ada pembaruan, masih dengan tarif lama yang sudah ditetapkan oleh pihak Kepolisian setempat. Tarif ini berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 50 tahun 2010 tentang jenis dan tarif  penerimaan Negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berikut tarif resmi pembuatan dan perpanjang SIM yang berlaku saat ini: 
Tarif PNBP SIM
Untuk lebih lengkapnya sobat dapat mengecek di Facebook Humas Mabes Polri : Lihat Disini
Berikut tata cara memperpanjang SIM A/C di Polres Kabupaten Bogor (PEMDA Cibinong):
  1. Datang ke Polres Cibinong (Usahakan pagi hee)
  2. Siapkan Satu buah Map, Fotocopy KTP, SIM dan yang terpenting Pulpen
  3. Cek Kesehatan (untuk mendapatkan surat kesehatan) lokasinya ada dibelakang masjid Polres/kantin, biaya pembuatan surat kesehatan Rp 20.000,-
  4. Jika sudah, kemudian kita serahkan berkas-berkas ke loket Perpanjangan SIM (Sebelah Loket Pembuatan SIM Baru). Lalu kita tunggu panggilan di Pendopo yang sudah disediakan
  5. Setelah di panggil, Masuk dan mengisi formulir perpanjangan SIM yang sudah disediakan. Bingung ngisinya? (Lihat petunjuk pengisian yang sudah disediakan atau tanya petugas yang siaga ditempat)
  6. Jika sudah langsung ke loket 3, pembayaran biaya perpanjangan SIM. SIM A (Rp 100.000,-) SIM C (Rp 70.000,-)
  7. Jika sudah kita menuju loket 4 selanjutnya  menyerahkan berkas kepada petugas yang berjaga di pembagian No urut untuk melakukan Foto dan Scan TTD. Tunggu hingga nama kita dipanggil
  8. Masuk ke ruang pemotretan hehee dan TTD. Jika sudah tunggu kembali sampai nama kita dipanggil kembali untuk mengambil SIM Baru kita (kurang lebih 15 menit)
  9. Cek kembali SIM yang sudah jadi, saat pembagian kita juga akan diberikan brosur tata cara pembuatan SIM A/B/C/D di Polres Cibinong. Finish . . .
  10. Untuk biaya Asuransi, saat saya memperpanjang SIM Januari lalu tidak dipungut biaya asuransi hanya biaya perpanjang SIM saja. (Mungkin kebijakan disetiap wlilayah berbeda-beda)
Mudah bukan ? ga ribet seperti yang dibayangkan ko, dan ga mahal seperti cerita-cerita temen yang lewat calo hahahaa. Intinya ikutilah peraturan yang sudah dibuat oleh pihak Polri jangan hanya selalu mengandalkan calo dengan iming-iming "biar proses cepet". Hadehh . . . Disitu kadang saya merasa sedih . . . .
Sekarang ini mengurus SIM sudah dipermudah, janganlah dipersulit dan malas untukk mengurus SIM yang kita miliki. Demi tertib berlalu lintas. . . 
Semoga membantu kawan. . 
Baca juga :
  1. Cara Mengurus SIM yang Hilang atau Rusak
  2. Cara Memperpanjang STNK Di Samsat Cibinong

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan komentarnya pada Blog ini. Thanks atas setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik Y dapat membangun blog ini agar lebih baik lagi kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar Y berbau unsur:
- Sara
- Pornografi
- No Spam !!! [Komentar menyertakan link aktif akan otomatis terdelete]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat,,
Salam Sukses dari AF Sahabat Artikel

 
Top