Artikel ini masih Berkaitan dengan proses masuk dan berkembangnya islam di Indonesia
Pertama dari konsep penyusunan sistem pendidikan nasional indonesia itu sendiri. Kedua, dari hakikat
pendidikan islam dan kehidupan beragama kaum muslimin di Indonesia. Ketiga, dari segi kedudukan pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional.
• Pendidikan Islam sebagai Lembaga
a. Peraturan pemerintah No. 28 tahun 1990
b. Peratturan pemerintah No. 60 tahun 1999
c. Peraturan pemerintah No. 73 tahun 1991
Pasal 30 tentang pendidikan keagamaan, pendidikan keagamaan diselenggarakan pemerintah sesuai peraturan perundang-undangan.
1. Pendidikan keagamaan berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat
2. pendidikan keagamaan dapat diselenggarakan pada jalur pendidikan formal, non formal dan informal
3. pendidikan keagamaan berbentuk pendidikan diniyah, pesantren, pasraman
• pendidikan Islam Sebagai Mata Pelajaran
ayat 2 isi kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat :
a. pendidikan pancasila
b. pendidikan agama
c. pendidikan keagamaan
pasal 3 isi kurikulum pendidikan dasar memuat sekurang-kurangnya bahan kajian dan pelajaran (PP 28 Bab. VII pasal 14 ayat 2):
a. pendidikan pancasila
b. pendidikan agama
c. pendidikan kewarganegaraan
d. bahsa indonesia
e. membaca dan menulis
f. matematika (termasuk berhitung)
g. pengantar sains dan teknologi
h. ilmu bumi
i. kerajinan tangan dan kesenian
j. pendidikan jasmani dan kesehatan
k. menggambar
l. bahasa inggris
PP 29 tahun 1990 Bab VIII pasal (15) ayat (2) isi kurikulum pendidikan menengah wajib memuat bahan kajian dan mata pelajaran tentang:
a. pendidikan pancasila
b. pendidikan agama
c. pendidikan kewarganegaraan
dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 dicantumkan tentang beberapa hal yang berkenaan dengan pendidikan agama.
Pasal 37 (1): kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat:
a. pendidikan agama
b. pendidikan kewarganegaraan
c. pendidikan bahasa
d. matematika
e. ilmu pengetahuan alam
f. ilmu pengetahuan sosial
g. seni dan budaya
h. pendidikan jasmani dan olahraga
i. keterampilan / kejuruan
j. muatan lokal
kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat:
a. pendidikan agama
b. pendidikan kewarganegaraan
c. bahasa
• pendidikan Islam sebagai Nilai
ada beberapa pokok-pokok pikiran nilai-nilai yang terkandung dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003, yaitu:
- pendidikan nasional adalah pelaksanaan pembangaunan nasional dibidang pendidikan
- asas dan dasar pendidikan berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945
- tujuan pendidikan nasional bertujuan berkembangnya potensi peserta didik
- pendidikan nasional bersifat demokratis dan humanis yakni memberikan kesempatan kepada setiap negara untuk memperoleh pendidikan
- memberikan kesempatan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kelainan fisik atau mental
- menekankan pentingnya pendidikan keluarga merupakan salah satu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan seumur hidup
- pendidikan keagamaan merupakan satu jenis pendidikan yang khusus mengajarkan agama tertentu.
Artikel bagus, ... teruslah menulis, agar ruang Google penuh dengan ilmu-ilmu pemahaman tentang Islam.
ReplyDeleteMksih gan kunjungannya . . .
ReplyDeleteharus itu . .