A. Pengertian Sekularisasai Ilmu Pengetahaun

 Istilah sekularisasi berakar dari kata sekuler yang berasal dari bahasa latin seaculum artinya yang meng andung arti yang bersifat dunia atau berkenaan dengan kehidupan. Di dalam kams bahasa inggris kata seculer berarti  berarti hal yang berrsifat duniawi, fana, tsifat duniawi, fana, tidak bersidak bersiifat spiritual, abad dan sacral serfat spiritual, abad dan sacral serta kehidupan diluar biasa. 
Dan didalm kamus bahasa Indonesia , sekularisasivdiartikan segala hal –hal yang membawa kearah kehidupan yang tidak didasarkan pada ajaran agama. 
Dari berbagai pengertian diatas yang dikemukakan  bahwa makna Sekularisasi ilmu pengetahuan adalah suatu proses pelepasan atau pembebasan ilmu dari setiap pengaruh agama sebagai landasan berfikir.


B. Awal  Munculnya Sekularisasi

Powerness gereja  (pendeta ) menentang pemikiran kebebasan  berfikir rasional , objektif, dan emperis-rasional. 
Ditemukannya Hello Centris (matahari sebagai pusat tata surya)yang bertentangan dengan keyakinan gereja , lalu gereja mempermasalahkan para ilmuan dengan temuan-temuan ilmiahnya, tuduhan gereja bagi mereka adalah kafir atau keluar dari agama dan bentuk kekerasan lain nya.Lalu para  ilmuan menuntun dipisahkannya urusan dunia dan urusan agama. Dunia mempunyai urusan sendiri  yang tidak berkaitan dengan urusan agama.

C. Sekularisasi Formal

Secara formal sekularisasi dikenalkan oleh GJ. Holyoeke (1817-1906) sebagai respon terhadap tindakan otoriter gereja-gereja terhadap ilmu pengetahaun.
Geleleo (lahir 1564) dipadng sebagai pahlawan sekularisai ilmu pengethuan,Dedikasi  ilmuan adalah membebaaskan pemikirannaya diluar ajaran agama.

D. Sekularisme Peradaban

Akibat renaissance barat menjadi sekuler sebagai proses peradaban dari ideologi, lalu merambat ke sekularisasi kosmologimyang sebelumnya dari ibnu Sina bahwasanya alam spiritual, malaikat cocok bagi agama sebagi bentuk integral realitas kosmite dan oleh William Auverge kata malaikat duhilangka dari sekularisme.

E. Proses Sekularisasi Ilmu

Pemikiran ilmu karangan Filosof Muslim Mencoba memahami segala sebab dari 4 unsur
Seperti:
Sebab dari Ibnu Khaldul dan lain-lain. 
- Segala sebaba berakhir pada sebaba pertama
- Untuk mengetahui sifat dasar budaya mestilah lewat budaya dan negara
- UIntuk melaksanakan nya dibutuhkannya sebab formal dan material yang membutuhkan sebab efesien yakni ‘asbiyah.
Sebab material berkaitan dengan bahan
Sebab formal berkaitan dengan bentuk 
Sebab efesien berkaitan dengan proses

F. Paradigma Newtonian dan sekularisasi 
Dengan hanya menerima dua sebab material dan efesien dalam perkembangan berikutnya hanya satu  sebab efesien mulai menghilangkan agama. Paradigma ini berdampak pada kemajuan saina modern,lalu terjadi pencepatan sekularisasaindengan penjelasasn sebab ilmiah yang terkait dengan sebab efesien dan seba material. 

G. Ilmu Dalam Kehidupan 
Bermanfaat bagi kehidupan dunia
Meningkatkan kualitas kehidupan manusia
Menyejahterakan hidup di dunia.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan komentarnya pada Blog ini. Thanks atas setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik Y dapat membangun blog ini agar lebih baik lagi kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar Y berbau unsur:
- Sara
- Pornografi
- No Spam !!! [Komentar menyertakan link aktif akan otomatis terdelete]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat,,
Salam Sukses dari AF Sahabat Artikel

 
Top