A.
Persepsi Komunikasi Organisasi
1.
Persepsi Redding dan Sanborn
Redding dan
Sanborn mengatakan bahwa komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan
informasi dalam organisasi yang komplek. Yang termasuk dalam bidang ini adalah
komunikasi internal, hubungan manusia, hubungan persatuan pengelola, komunikasi
“downward” atau komunikasi dari atasan kepada bawahan, komunikasi “upward” atau
komunikasi dari bawahan kepada atasan, komunikasi horizontal atau komunikasi
dari orang-orang yang sama level/tingkatnya dalam organisasi, keterampilan
berkomunikasi dan berbicara, mendengarkan, menulis, dan berkomunikasi evaluasi
program.
2.
Persepsi Katz dan Kahn
Katz
dan Kahn mengatakan bahwa komunikasi organisasi merupakan arus informasi,
pertukaran informasi dan pemindahan “meaning” atau arti di dalam suatu
organisasi. Menurut Katz dan Kahn organisasi adalah sebagai suatu sistem
terbuka yang menerima energi dari lingkungannya dan merubah energi ini menjadi
produk atau servis dari sistem dan mengeluarkan produk atau servis ini kepada
lingkungan.
3.
Persepsi Zelko dan Dance
Zelko
dan Dance mengatakan bahwa komunikasi organisasi adalah suatu sistem yang
saling tergantung yang mencakup komunikasi internal dan eksternal. Komunikasi
internal adalah komunikasi dalam organisasi itu sendiri. Sedangkan komunikasi
eksternal adalah komunikasi yang dilakukan organisasi terhadap lingkungan
luarnya. Kemudian bersama Lesikar, mereka menambahkan satu dimensi lagi dari
komunikasi organisasi yaitu dimensi komunikasi pribadi diantara sesama anggota
organisasi yang berupa pertukaran secara informal mengenai informasi dan
perasaan diantara sesama anggota.
4.
Persepsi Thayer
Thayer
menggunakan pendekatan sistem secara umum dalam memandang komunikasi
organisasi. Dia mengatakan komunikasi organisasi sebagai arus data yang akan
melayani komunikasi organisasi dan proses interkomunikasi dalam beberapa cara.
Dia memperkenalkan tiga sistem komunikasi dalam organisasi yaitu: a. Berkenaan
dengan kerja organisasi seperti data mengenai tugas-tugas atau beroperasinya
organisasi; b. Berkenaan dengan pengaturan organisasi seperti
perintah-perintah, aturan-aturan dan petunjuk-petunjuk; c. Berkenaan dengan
pemeliharaan dan pengembangan organisasi. Yang termasuk bagian ini antara lain
hubungan dengan personal dam masyarakat, pembuatan iklan dan latihan.
Meskipun
bermacam-macam persepsi dari para ahli mengenai komunikasi organisasi ini tapi
dari semuanya itu ada beberapa hal yang umum yang dapat disimpulkan yaitu:
a. Komunikasi
terjadi dalam suatu sistem terbuka yang komplek, yang dipengaruhi oleh
lingkungannya sendiri baik internal maupun eksternal;
b. Komunikasi
organisasi meliputi pesan dan arusnya, tujuan, arah dan media;
c. Komunikasi
organisasi meliputi orang dan sikapnya, perasaanya, hubungannya dan keterampilan/skillnya;
0 komentar:
Post a Comment
Terima Kasih atas kunjungan dan komentarnya pada Blog ini. Thanks atas setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik Y dapat membangun blog ini agar lebih baik lagi kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar Y berbau unsur:
- Sara
- Pornografi
- No Spam !!! [Komentar menyertakan link aktif akan otomatis terdelete]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat,,
Salam Sukses dari AF Sahabat Artikel